Notification

×

Iklan

Iklan

Warga ODGJ Karangtengah Cianjur Divaksinisasi Covid-19

9/03/2021 | 18:46 WIB Last Updated 2021-09-03T11:50:57Z
Warga Desa Sindanglaka, Karangtengah, Cianjur yang memiliki riwayat Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) disuntik vaksinasi Covid-19. (Foto: Polsek Karangtengah)


SIGNALCIANJUR.COM- Warga Desa Sindanglaka, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur yang memiliki riwayat Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) disuntik vaksinasi Covid-19, Jumat (3/9/2021).

Bhabinkamtibmas Desa Sindanglaka, Polsek Karangtengah Aipda Udin Suherman mengatakan, monitoring pengamanan pelaksanaan vaksinisasi terhadap ODGJ ada di Kecamatan Karangtengah.

"Alhmdulillah antusias dan setelah divaksinisasi imun tubuh bisa kuat tidak mudah terpapar virus Corona," katanya.

Dia memaparkan, intinya sambang dan silaturahmi sekaligus monitoring giat vaksinasi ODGJ. Vaksinator dari tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Karangtengah, untuk warga Desa Sindanglaka.

"Sasaran  ada sekitar sembilan orang hari ini dan berhasil divaksin sebanyak enam orang," ujar Aipda Udin Suherman.

Secara bertahap, masih ujarnya, nanti akan dilaksanakan kembali kemungkinan Kepada yang lainnya. Dan, selanjutnya kepada pengurus rumah singgah ODGJ disampaikan pesan kamtibmas perihal antisipasi rawan C3 dan tetap antisipasi penyebaran Virus Covid-19 dengan protokol kesehatan 5M yang ketat. 

"Untuk diimplementasikan kepada ODGJ yang memang sudah mengenal atau mengetahui karakter satu per satu masing-masing. Karena kita tidak tahu persis, hanya sebatas pendampingan pengamanan saja," pungkasnya.

Terpisah, dikonfirmasi minta pendapat terkait vaksinasi ODGJ seorang relawan sosial kemanusiaan warga Cianjur Vera mengatakan, mereka sangat antusias dan telah divaksinisasi. Minimal ada beberapa persen tidak takut untuk disuntik, itu juga cek suhu tubuh dulu sebelumnya dilakukan suntik.

"Jadi bila sehat dan tidak ada kendala apa-apa disuntik. Artinya kalau ada penyakit kontek lainnya tidak divaksinisasi," katanya.

Masih ujarnya, ini suatu bentuk dukungan atau ikut mensukseskan program vaksinasi massal serentak yang dianjurkan pemerintah.

Kemudian, tambah Vera, namun tetap pihak panti juga selalu tetap sosialisasi dan mengutamakan protokol kesehatan (Prokes) kepada para ODGJ selama ini telah diurus di sini. Dan, alhmdulillah banyak sudah sembuh dan mohon doa dan support saja.

"Semoga dengan atau telah divaksinisasi jauh tidak mudah terpapar virus Corona. Namun, tetap harus mematuhi protokol kesehatan 5M," ujar dan pungkas seorang relawan peduli sosial warga Cianjur. (Man)
×
Berita Terbaru Update