Notification

×

Iklan

Iklan

Soal Penyakit Tipes, Begini Sebut Dirut RSUD Cimacan Cianjur

5/06/2024 | 22:58 WIB Last Updated 2024-05-06T16:00:33Z
Direktur RSUD Cimacan, dr. Yogeswara Soeharto. (Foto: Istimewa)

SIGNALCIANJUR /CIPANAS - Terkait penyakit tipes pada anak untuk di rumah sakit (RS) Cimacan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sendiri kasusnya ada, tapi tidak banyak data terakhir untuk di bulan April 2024.

Hal tersebut diungkapkan Direktur RSUD Cimacan, dr. Yogeswara Soeharto, saat dikonfirmasi langsung melalui keterangan tertulisnya kepada reporter Jabar News, Senin (6/5/2024) sore.

"Nah! Itu hanya 6 kasus ya dan alhamdulillah di bulan ini belum ada kasusnya," terang dia.

Masih ujarnya, seperti diketahui untuk penyakit tipes itu merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang menyebar atau menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi atau kontak dekat.

"Nah! Untuk gejala-gejalanya itu biasanya demam ya demam lebih dari 3 hari," ucap Dirut RS Cimacan.

Kemudian, hal senada diutarakan dia, ada nyeri perut atau sakit perut sakit kepala muntah biasanya, lalu ada gangguan pencernaan biasanya lemas dan kehilangan nafsu makan. Nah, untuk penanganan ketika mungkin ada orang tua yang memiliki gejala yang mirip seperti yang tadi sampaikan mungkin untuk penanganan awal yaitu segera dibawa ke dokter.

"Artinya untuk bisa menjalani pemeriksaan pemeriksaan dan mendapatkan apa penanganan tepat," jelas dr. Yogeswara.

Ia menjelaskan lebih lanjut, nanti dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menunjang biasanya akan dites darah kemudian urine atau pemeriksaan widal atau pemeriksaan TubeX biasanya disertai kultur feses sama darah.

"Nah kalau memang hasilnya menunjukkan karena menderita tipes nanti dokter akan memberikan beberapa penanganan," ujar Dirut RS Cimacan.

Masih timpalnya, berupa obat-obatan antibiotik ya obat-obatan antibiotik bisa dalam bentuk tablet kapsul sirup atau bila memang diperlukan harus dirawat misalkan diberikan cairan infus. Dan, kemudian untuk saran pola hidup bersih dan sehatnya (PHBS) mungkin anjuran yang pertama harus menjaga lingkungan yang bersih dan bersanitasi yang baik.

"Mengkonsumsi makanan higienis dan bergizi, rajin mencuci tangan dengan sabun air mengalir," ajak dan pesan orang nomor satu di RS Cimacan.

Kemudian, hal seirama diutarakan dr. Yogeswara, lalu terakhir mungkin bisa dengan istirahat cukup mungkin itu Pak yang bisa disampaikan terima kasih

Terakhir, ia mengimbau  kepada masyarakat terkait pencegahan pencegahan penyakit thypoid menjaga lingkungan yang bersih dan tersanitasi yang baik mengkonsumsi makanan higienis.

"Artinya baik itu buah-buahan terus sayur-sayuran dan mengkonsumsi makanan bergizi rajin mencuci tangan dengan sabun. Jelasnya dengan air mengalir," tutup dr. Yogeswara. (Dit)




(Mesothelioma Law Firm, Donate Car to Charity California, Donate Car for Tax Credit, Donate Cars in MA, Donate Your Car Sacramento, How to Donate A Car in California, hosting web gratis, kursus seo, subdomain gratis, keyword cpc tinggi 2018, domain gratis, promo hosting indonesia, kegunaan internet, virtual private server indonesia, allianz indonesia travel insurance, sewa cloud server, software untuk mengakses internet, spesifikasi komputer server, kumpulan software komputer, asuransi islam, kpr islam, anies baswedan, kasus ferdy sambo, jokowi, anies, dedicated server indonesia, harbolnas, promo hosting bula ini, shoope, tokopedia, ucapan tahun baru 2023, ucapan tahun baru 2023 bergerak, ucapan tahun baru, Laptop terbaik XX Jutaan, Tempat wisata favorit tahun baru, Asuransi tri pakarta, Asuransi mobil, Asuransi perjalanan, Indonesia culture, Indonesia logo, Indonesia hotel, Travel ladju, Tips instagram, Tips investasi emas, Investasi forex tanpa trading)

×
Berita Terbaru Update